ようこそ6105fanのブログへ 次は コメントをください

NEWS UPDATE Website JRFCI dipindahkan ke address yang baru yaitu http://www.geocities.jp/webjrfci dan kini hanya berbentuk webpage saja

Monday 19 January 2015

Macam-Macam Tingkah Orang Di Kereta

Jangan tanya ini anak siapa
Sebenernya, postingan ini juga berisi opini gue aja. jadi jika ada yang tersindir secara langsung atau tidak, "saya" minta maaf yang sebesar-besarnya.

Tiap hari, gue naik kereta komuter untuk ke sekolah (di weekdays) dan buat menuju tempat nongkrong (di weekend). Kalo lu liat orang umuran 17 taun yang tinggi badannya cuma 160cm pake seragam SMK atau celana jeans dan blazer item, rambut belakang rada ngacung, pake tas kantor, dan bediri deket pintu yang madep peron, jangan dipalak, itu gue.

As we know, kereta komuter adalah sarana transportasi murah dan cepat untuk menuju tempat-tempat vital seperti Ibukota dan sekitarnya. Maka dari itu dikereta, lu bisa liat macem-macem orang yang macem-macem juga tingkahnya. Namun ada beberapa orang yang prilakunya terkesan unik, lucu, bahkan Annoying atau menjengkelkan (jangan-jangan lu suka begini ya)

Pertama, Duduk dilantai. Nah ini yang menurut gue paling repot diantara yang lain, gue ngerti orang-orang itu capek abis kerja seharian, tapi selama gak mengganggu penumpang lain itu sih masih bisa diterima, misalnya pas kereta kosong (ngapain lu duduk dibawah?), tapi ya, tau istilah "rombongan lenong"? nah yang ini nih paling ngaco. kereta penuh, mereka yang terdiri dari beberapa RT rame-rame duduk dilantai kereta. Berjejer dari tempat APAR sampe pintu terakhir. ngobrol pake suara yang ga kira-kira, ketawa kayak di hutan. Kadang ada yang nyetel dangdut full volume pake ponsel tiongkok yang spekernya sejenis saloon hajatan. Gue juga ngerti serunya ngobrol sama temen se-workplace tapi seenggaknya ya kira-kiralah liat situasi sekitar. Salah satu rombongan yang gue liat tiap weekdays, berteritori di ujung kereta (bangku prioritas) ada yang duduk dibangku, terus ada yang jongkok didepannya dan yang lain meluber ke samping bangku, jadi itu tempat isinya rapet orang semua. Lupakan, lu pasti tau tentang kisah mereka

Kedua, Tidur, nah ini sih mainstream. gue juga sering. Tapi gimana perasaan lo liat orang tidur lehernya dengak 90 derajat dengan mulut terbuka indah dan badan miring sekitar 30 derajat dari posisi awal. Ada banyak posisi tidur dikereta mulai dari yang gue tulis diatas, lalu ada tiduran serasa di rumah nenek (biasanya pas kereta kosong) ada yang tidur nyender ke pasangan masing-masing (jangan tanya gue, gue belom pernah), ada yang setengah tidur dengan posisi berdiri (ini keahlian khusus, gue hampir menguasai ini), tapi sayangnya gue belom pernah liat orang tiduran dilantai. (kalo di KA lokal, ngaconya ada orang tidur di rak barang).

Tidur, that's fine, cara efektif untuk menghabiskan waktu dengan cepat dikereta. Yang gue tau, tidur = teleport. Saking teleportnya itu tidur, gue sampe turun di Stasiun Maja (greenline), padahal rumah berjarak 6 stasiun kebelakang. Gue ada tips buat lo biar gak ketiduran pas sampe ditujuan, pisahkan waktu tidur antara mata kiri dan kanan (kayak lumba-lumba)

Ketiga, Bengong. Gue suka nebak-nebak apa yang dipikirin pas orang bengong dikereta. Dan yang pasti tebakan gue SALAH semua. Setisp bengong dikereta, yang gue pikirin antara lain, kereta itu sendiri, fantasi gak jelas (mace-macem, mulai dari khayalan gue jadi kamen rider, anak band, dll), dan situasi ditempat tujuan itu kayak apa, serta warna celana dalem mbak-mbak didepan gue ongkos yang  dah atau bakal gue keluarin hari ini.

Bengong, juga bisa lu jadiin image cool. Mata menatap jendela kereta dengan wajah yang agak datar namun penuh ekspresi. Melihat objek-objek panorama diluar (liat, relnya jalan ngikutin kita!) itu terkesan keren, apalagi jika posisi lu itu berdiri dan pegangan ke handgrip dan tangan satunya lu masukin ke kantong celana (peringatan: tampilan muka berpengaruh).

selain bengong, ada hal yang beberapa orang lakuin termasuk gue, yaitu gigitin jari. Sampe sekarang gue gak tau apa tujuan sebenarnya dari gigitin jari. Memang ini kebiasaan gue yang paling miris
Keempat, Penumpang anak-anak, yang ini banyak macemnya lagi. Ada yang berantem, becanda, lari-larian, malakin orang, dan lain lain. Tapi gue suka risih kalo ada balita nangis, solusi gue sampe sekarang adalah pindah tempat. sekalian mendukung sang ibu dari jauh "ayo ibu, ibu pasti bisa, ade, ayo berenti nangis, ayo ibu.. ibu.. ibu..!"

Terakhir (karena udah malem jadi terakhir aja deh), ber-Smartphone ria. Ada banyak user smartphone di kereta, termasuk gue. Ada bapak-bapak kantor, biasanya mereka buka browser, liat situs portal berita, macem-macem, detik, kompas, dll. smartphone nya ASUS Zenfone dengan spek yanglumayan tinggi, dan si bapak internetan pake operamini. Ada wanita karir, yang selama ini gue liat, mereka buka sosmed kayak Path, Instagram, Twitter, dll. Ada anak remaja yang dandanannya gak nyambung (topi swag, pake kemeja kancingin sampe atas, celana jeans warna coklat muda yang sempitnya kayak pipa wastafel) nah ada yang kerjaannya liatin smartphone mulu (dari Bogor sampe Jatinegara ya gitu) padahal didepannya ada ibu-ibu yang keliatan kecapean. kalo itu gue, ya udah pasti gue pura-pura tidur kasih tempat duduk. Ada anak kuliahan, gue gak tau apa yang mereka liat di samrtphone mereka, karena tingkat anti-spy nya level over 99999999+.

Itu aja yang gue temuin selama gue naik kereta komuter. Sebenernya ada yang lain, tapi gue males ngetiknya.

No comments:

Post a Comment