ようこそ6105fanのブログへ 次は コメントをください

NEWS UPDATE Website JRFCI dipindahkan ke address yang baru yaitu http://www.geocities.jp/webjrfci dan kini hanya berbentuk webpage saja

Friday 1 May 2015

Yang Gue Liat Di Purwakarta

How feel
Yak ini adalah postingan yang gue sebut dengan "Jurnal Perjalanan" (padahal lebih mirip cerpen anak SD). Sebagai lerpen, udah pasti gue melakukan perjalan ke berbagai tempat menggunakan kereta api. Tanggal 28 April kemarin, gue melakukan ritual penyegaran otak dari Ujian Nasional. Gue pergi ke suatu negri diselatan sana. Sebenernya cuma ke Purwakarta sih.

Malam hari, tanggal 27 April, gue dan perserikatan gue (temen yang sering ngumpul bareng) udah rencanain perjalanan ini. Aga galau mau kemana, musyawarah terbagi menjadi 2 kubu. Yang pertama team Merak, dan yang kedua adalah team Purwakarta. Kenapa galau? emang dasarnya aja pada alay

Pertama, kalau kita ke Merak, pasti terngiang keindahan jalurnya. Gue udah lihat di Internet, jalurnya asli keren banget. Sebelahan sama laut, dan bahkan ada terowongan yang terbentuk dari karang. Tapi masalahnya, kepentok jadwal. Kita harus standby di Duri/Angke jam setengah 7 pagi. Belum mikir pulangnya sempet apa nggak. Kedua, kalo kita ke Purwakarta. Jadwalnya pas, berangkat jam 10.15 dan sampai sana jam 12. Pulang jam 4 sore. Puas disananya, tapi jalurnya gak seindah merak, dan "objek wisata"-nya udah rentan akan pengawasan polsuska. Sampe tengah malam kedua kubu berdebat, akhirnya keputusan jatuh ke Purwakarta.

Besoknya, gue berangat dari rumah jam setengah 8 pagi, dan sampai di JAKK jam setengah 10. Langsung disuruh ngantri tiket karena kalo seorang doang yang ngantri katanya gak bakal dikasih tiket kalo beli banyak. Kita butuh 6 tiket. Ada kejadian koplak disini, kita beli 6 tiket, ternyata yang megang amanat buat mesen tiket kelupaan buat beli satu tiket lagi buat seorang reporter MKA (tapi dia gak ngeliput kita, jahat). Alhasil dia balik ke loket buat ngantri sekali lagi.
Tapi ketika udah ngumpul semua (kecuali reporter MKA yang gak ngeliput kita. dia naik ojek dari Juanda ke Kemayoran dan naik dari sana karena gak sempet kalo ke Beos dulu) seseorang yang pangling tiba-tiba ngirim pesan via BBM alo dia gak jadi ikut. Dia harus tanggung jawab atas tiket yang udah dibeli!. Tiba-tiba yang berperan sebagai pemesan tiket..... (adegan berikutnya gak gue ceritain karena mengandung unsur kekerasan).

Setelah naik ke kereta cepat terbatas tujuan Purwakarta yang mewah dan elegan tersebut, kita dihadapi kegalauan lain, duduknya dimana....
Dengan sigap gw milih di tengah rangkaian (Kereta Pembangkit) karena bangkunya enak dan ACnya dingin, but wait ternyata gue lupa kalo reporter MKA yang gak ngeliput kita itu ikut dan bangkunya ga cukup. Akhirnya si pemesan tiket nemu bangku kosong. ternyata didepan banyak. Gue menganut prinsip langsam bahwa gerbong belakang lah yang biasanya kosong.

Sampai di Kemayoran, si reporter MKA yang gak ngeliput kita itu masuk. Gak lama kemudian ada kejadian yang cukup koplak lagi. Saat pemeriksaan tiket, tiket yang ada cuma 5, ilang satu, yaitu tiket si reporter MKA. Wajar dia gak megang tiket karena emang baru masuk. dicari kekantong manapun gak ketemu itu tiket, akhirnya gue nemu secarik kertas dikantong jaket gue, satu tiket lagi! ya itu tiket si orang pangling yang batal ikut. Jadi tiket itu yang dipae (padahal ditiket itu belum dikasih tanda tangan PKD).

Perjalanan berlangsung seperti biasa. Sampe ada mbak-mbak vvota yang ketimpa botol air. Sampe Cikampek, kita disambut jejeran mbah yang mangkrak menikmati hari tua diatas tanah.
Nih dia yang di Cikampek
Setibanya di Purwakarta, ya sudah pasti kita langsung jalan ke bangke-bangke, karena adanya larangan untuk masuk beberapa waktu lalu, jadi kita cuma sempet dipinggir-pinggirnya aja. Yang pertama itu bangke KRL Ekonomi jenis rheostatik stainless yang masih diatas rel, dibelakangnya ada potongan eks- TM5000 dan Toyo Rapid 1000. Si mbak-mbak vvota bingung cara naik turun kesana karena lumayan tinggi dan dia PENDEK.
Entah cuma perasaan gue doang. apa emang ini keliatan masih kinclong
Daleman TM5000
Yang ditumpuk disini, pasti udah pada tau. KRL rheostatik segala usia, Hitachi, TM5000 dan RAPID. iya RAPID 1000. Selain KRL-KRL itu, disini di tumpuk juga kereta-kereta penumpangyang udah gak layak pakai, seperti terbakar, dll. Juga ada KRD-KRD tua.

Bekas KRD Cikampek

Yang paling bersejarah disini, menurut gue itu Rheos tahun 76 alias angkatan pertama, dan Holec generasi awal
Yang ini lho
Selain itu, gue cuma menikmati "keindahannya" aja. Ini bagaikan museum bagi gue. Gue seneng, disini bisa keluar masuk kabin sepuasnya. Bahkan gue sempet beresin satu kabin Hitachi yang berantaan alias pada lepas, dan tuasnya masih ada.
Satu kabin rheos yang masih terbilang rapih

Kalo diliat dari bangunan stasiun sih keren
Buat bikin warung
Shut up coz i'm the king

Yang orang liat disini, mungkin cuma tumpukan kereta bekas yang udah berkarat, tapi yang gue liat lebih dari itu. Ini bukan tumpukan besi tua, ini tumpukan sejarah

BONUS:
Fakta dibalik hilangnya tiket si reporter MKA. ternyata tiket dia gak hilang, tapi ada di si pemesan tiket. Ternyata salah satu dari kita ada yang lupa naro tiket didompet dia, dan merasa tiketnya ilang (padahal didompet dan dia kira itu struk Seven Eleven, bukan tiket utuh)

Wujud asli si pemesan tiket