ようこそ6105fanのブログへ 次は コメントをください

NEWS UPDATE Website JRFCI dipindahkan ke address yang baru yaitu http://www.geocities.jp/webjrfci dan kini hanya berbentuk webpage saja

Monday 18 November 2013

Kereta Baru, Buruan Baru

Sebenarnya Saya ingin memposting tulisan ini sejak 2 bulan lalu,namun Saya baru tergera untuk melakukan ini sekarang.
CC 201 102 agak buram karena screenshot dari video
Sejak lokomotif CC 201 92 12 dan kawan-kawan dengan livery merah birunya datang ke pulau Jawa, mungkin hampir seluruh railfans penghuni pulau Jawa memburu lokomotif ini, kenapa? ya ka
rena livery atau catnya masih serupa dengan jaman Perumka yaitu merah dan biru. Karena memang
di Jawa sudah tidak ada lagi lokomotif CC 201 dengan livery seperti ini. Belum lagi ada lokomotif seri CC 201 yang "wajah"nya serupa dengan lokomotif seri CC 203 dan CC 204 batch 2, wuaahh semakin semangat saja para railfans untuk memburunya.
Kebetulan sekali, di jalur barat, ada satu lokomotif spt ini yang berdinas. Yap! CC 201 92 12 a.k.a CC 201 102! Saya pun berhasil mendapatkan fotonya.
CC 206

Setelah CC 201 merah biru, ada lokomotif pendatang lain yang cukup membuat heboh tanah Jawa. Coba tebak, apa itu? Ya sudah tentu lokomotif pabrikan General Electricks berseri CM20EMP atau CC 206! lokomotif diesel elektrik ini dilengkapi dengan double cabin seperti halnya CC 200 yang mulai beroprasi sekitar 60 tahun lalu. Unik bukan? lokomotif ini adalah lokomotif bergandar 6 kedua yang memiliki double cabin. Dengan berat 88.5 ton dan panjang sekitar 15.5 M, lokomotif ini berjenis mesin 4 tak dengan kecepatan maksimal yaitu 80 KM/H pada saat beroprasi. Bermodalkan tenaga sebanyak 2250HP, lokomotif ini sanggupuntuk menarik KA barang maupun penumpang. Bahkan rekor untuk lokomotif ini adalah 30 gerbong datar berisi masing-masing 2 petikemas denagn panjang 400 meter. Berat tiap-tiap gerbong dengan muatan dua kontainer berisi semen tersebut masing-masing 56 ton,sehingga total kereta api ini membawa muatan 1.680 ton sekali tarik!

Berikut daftar lokomotif CC 206 beserta dipo induknya :
Untitled Document
Dipo Induk Lokomotif
Jatinegara (JNG) CC2061364, CC2061373, CC2061374, CC2061375, CC2061376, CC2061377, CC2061378, CC2061379, CC2061381
Bandung (BD) CC2061321, CC2061355, CC2061380, CC2061382
Cirebon (CN) CC2061303, CC2061305, CC2061320, CC2061333, CC2061334
Semarang Poncol (SMC) CC2061356, CC2061365, CC2061366, CC2061368
Purwokerto (PWT) CC2061322, CC2061323, CC2061328, CC2061343, CC2061344, CC2061357, CC2061358, CC2061361, CC2061383
Yogyakarta (YK) CC2061326, CC2061327, CC2061330, CC2061331, CC2061362, CC2061363, CC2061367, CC2061369, CC2061384, CC2061385
Sidotopo (SDT) CC2061301, CC2061304, CC2061306, CC2061307, CC2061308, CC2061309, CC2061310, CC2061311, CC2061312, CC2061313, CC2061314, CC2061315, CC2061316, CC2061317, CC2061318, CC2061319, CC2061324, CC2061325, CC2061329, CC2061332, CC2061335, CC2061336, CC2061337, CC2061338, CC2061339, CC2061340, CC2061341, CC2061342, CC2061345, CC2061346, CC2061347, CC2061348, CC2061349, CC2061350, CC2061351, CC2061352, CC2061353, CC2061354, CC2061359, CC2061360, CC2061370, CC2061371, CC2061372, CC2061386
KA Krakatau
Cukup bicara dengan lokomotif, sekarang kita beralih ke kereta penumpang.
Tahun 2013, PT. KAI banyak meluncurkan kereta penumpang baru. Salah satunya adalah KA Krakatau. Kereta api komersil ini merupakan KA dengan relasi terjauh yaitu Merak-Kediri PP. dengan waktu perjalanan selama 18 Jam (Pasti saya akan bosan dan kedinginan jika naik full track)
awalnya KA ini berelasi Merak-Madiun PP namun sejak 13 November bertambah menjadi Merak-Kediri PP dengan tarif sekitar Rp. 200.000 . Para railfan sangat antusias berburu kereta ini karena ini adalah satu-satunya KA yang menggunakan kereta K3AC DEPHUB yang melintasi jalur barat (Tanah Abang-Merak). Apalagi jika menggunakan lokomotif CC 206 atau CC 203.

Bulan Oktober lalu, PT. KCJ juga telah mendatangkan beberapa unit KRL baru berseri JR 205.
Yang saya ketahui, KRL ini didatangkan untuk pengadaan armada tahun 2014. Yang paling membuat Saya terkejut, adalah jumlah pintu di setiap kereta. Ada 6 buah pintu berjejer disana. Didalam pun cukup luas mungkin cukup untuk bermain futsal. Saya berharap KRL ini nantinya beroperasidi Green Line yaitu relasi Tanah Abang-Serpong-Parungpanjang-Maja

Sekian catatan hari ini, sebenarnya masih ada kereta baru seperti KA Pangrango (Bogor-Suabumi PP) dan KA Ciremai (Surabaya-Malang PP). tapi Sayapikir cukup sampai disini saja. jika terlalu banyak, Saya khawatir orang akan malas membacanya. Keep RAiling and Keep Safety Hunting broo.. ^_^

No comments:

Post a Comment